Selasa, 16 Mei 2023

DAYA TARIK KOTA BANYUWANGI

Kota Banyuwangi kabupaten yang memiliki banyak sekali “ke-unik-an” yang gak bakal kalian temukan di Kota lain. Salah satu diantaranya adalah Bahasa Using yang merupakan bahasa setempat yang masih digunakan saat ini. “The Sunrise of Java” sepertinya bukan sekadar retorika, sebab Banyuwangi berada di paling ujung dari Pulau Jawa sebelah timur, sehingga Banyuwangi sebagai kota pertama yang terkena sinar matahari sebelum bergerak ke arah barat Pulau Jawa.Hal tersebut pula lah menjadikan Banyuwangi sebagai tempat dengan 1001 wisata. Mulai dari Pantai, Air Terjun, Danau, bahkan Pegunungan. Kota Banyuwangi, selain dikenal memiliki keragaman budaya, kesenian dan tradisi, juga menyimpan kekayaan tempat wisata yang luar biasa, mulai dari dataran tinggi, pantai dan kawasan hutan dengan kekayaan flora dan fauna yang tak ternilai. Dengan segala potensi dan sumber daya yang dimilikinya, tidak heran kalau daya tarik kota Banyuwangi patut buat di explore…

1. Blue Fire di Gunung Ijen


Gunung Ijen adalah gunung berapi aktif yang masih bereaksi hingga kini. Mempunyai kawah biru yang menyala ketika malam hari menjadikan gunung ijen sebagai tempat pendakian yang menarik. Blue Fire yang dihasilkan merupakan reaksi kimia dengan tingkat keasaman terbesar di dunia.Berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso, menjadikan pendakian ijen bisa dilalui di 2 tempat. Namun pendakian yang sering dilewati jika melalui Banywuangi adalah Paltuding. Jika kalian ingin melakukan pendakian di tempat yang berbeda melalui Bondowoso dengan rute Bondowoso – Wonosari – Tapen – Sempol – Paltuding.

2.  Rujak Soto Khas Banyuwangi

Buat kalian yang berkunjung ke Banyuwangi, kalian wajib mencicipi masakan khas Banyuwangi, rujak soto. Pedasnya rujak di campur dengan gurihnya soto menjadikan masakan ini banyak dicari dengan menjadi kuliner yang paling populer. Bisa soto daging (daging sapi) atau soto babat. Bahkan ada yang memadukan dengan soto ayam atau soto ceker. Hal ini dilakukan sebagai alternatif ketika ingin menikmati rujak soto tetapi harga daging sedang melambung. Penyajiannya pun tidak bisa dengan cara mencampurkan secara bersamaan kedua jenis makanan ini. Biasanya rujak disajikan terlebih dahulu, kemudian disiram dengan kuah soto berikut dagingnya. Rasanya juga khas, ada unsur soto sekaligus rasa rujak dengan aroma terasinya. Rujak soto kadang disajikan dengan es temulawak.

3. Bandara dengan desain green building pertama di Indonesia

Bukan sesuatu yang istimewa ketika Banyuwangi mempunyai Bandara, namun baru-baru ini bupati Azwar Anas meresmikan wajah baru dari Bandara Blimbingsari. Green Building Airport dipilih sebagai konsep desain dari bandara ini. Sekaligus menjadikannya sebagai bandara dengan desain Green Building pertama di Indonesia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMPUS UMM DENGAN PROYEK SERTA FASILITAS BISNISNYA YANG UNGGUL

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta ternama di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Malang tel...