Kamis, 18 Mei 2023

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI ERA MILENIAL

 

Teknologi berasal dari kata technologia dari bahasa Yunani yang berarti keahlian dan pengetahuan. Awalnya teknologi hanya terbatas dengan benda-benda yang berwujud seperti peralatan-peralatan atau mesin. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu teknologi mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Secara umum, teknologi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang berhubungan dengan alat atau mesin yang diciptakan untuk mempermudah dalam menyelesaikan masalah atau pekerjaan sehari-hari. Sehingga diharapkan dengan hadirnya teknologi mampu membawa pengaruh yang baik untuk kehidupan. Perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang ini  semakin pesat dari hari ke hari, bulan ke bulan, bulan  ke bulan ke depan. Secara tidak langsung, penggunaan teknologi ini sangat meningkat. Seiring dengan perkembangannya, teknologi semakin meluas maknanya, menjadi  benda  tidak berwujud seperti perangkat lunak, metode pembelajaran, metode bisnis dan lain-lain. Contoh teknologi  nyata saat ini banyak sekali, mulai dari teknologi yang biasa kita  gunakan seperti komputer, laptop, handphone, mesin, sepeda motor dan sejenisnya. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, tentunya akan lahir teknologi lain dari mobil terbang, mobil self-driving atau mobil self-driving hingga perangkat teleportasi. Munculnya teknologi tentunya memberikan banyak keuntungan dengan adanya contoh teknologi yang sangat bermanfaat. Kemajuan teknologi yang pesat tentunya membawa banyak perubahan bagi suatu negara, termasuk Indonesia. Dari  perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat membawa banyak pengaruh positif, pengertian dari pengaruh positif tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sistem pembelajaran dapat dilakukan secara online tanpa  tatap muka

2. . Pertukaran  informasi  menjadi lebih mudah dan cepat.

3. Mempermudah Pekerjaan

4.  Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh satu orang menjadi lebih efisien dan efektif 

Dibandingkan dengan dampak positif yang ada, munculnya dampak negatif terkait perkembangan teknologi  tentunya juga tidak dapat dihindari. Banyak dampak negatif seperti cyber crime, pencurian data pribadi hingga pornografi menjadi sekian kasus negatif akibat perkembangan teknologi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMPUS UMM DENGAN PROYEK SERTA FASILITAS BISNISNYA YANG UNGGUL

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta ternama di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Malang tel...